Menyusun Clip ke dalam Timeline (Adobe Premiere Pro)

Posted on 8 Oktober 2011

0


100811_0050_MenyusunCli1.png


Setelah clip-clip yang akan kita pakai diimpor, maka langkah selanjutnya adalah menyusun clip-clip tersebut kedalam Timeline. Kita dapat secara langsung melakukan drag and drop pada clip-clip yang ada di dalam Project Window ke dalam Timeline Window apabila clip-clip tersebut tidak membutuhkan proses trimming. Begitu pula clip yang telah mengalami trimming, kita dapat langsung melakukan drag and drop video yang tampil pada Source Monitor Window setelah melakukan trimming. Tetapi kita dapat juga memakai metode Insert dan Overlay untuk memasukkan clip hasil trimming ke dalam Timeline Window.

Metode Insert dan Metode Overlay

Setelah dilakukan trimming dengan menentukan In Point dan Out Point pada salah satu clip video maka kita akan berlatih menggunakan metode Insert dan Overlay serta melihat perbedaan antara keduanya, langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Pilih salah satu clip yang ada di dalam Project Window, kemudian drag ke dalam Timeline Window dan letakkan pada Track Video 1.

2. Kemudian pilih sebuah clip yang ada dalam Project Window, lalu drag ke dalam Timeline Window dan letakkan pada Track Video 1 tepat di sebelah clip pertama. Lalu klik tulisan Video 2 untuk mengeset aktif Track Video 2, kemudian klik tulisan Audio 2 untuk mengaktifkan Track Audio 2.


Penyusunan clip di dalam Timeline Window

3. Setelah itu pada Source Monitor Window, pada tempat kita melakukan trimming, tekan tombol Insert.


Tampilan Trimming dalam Source Monitor Window


Tombol Insert

4. Maka clip hasil trimming akan dimasukkan ke dalam Timeline Window dengan cara memotong clip yang berada pada tempat Current Time Marker berada, kemudian clip potongannya akan berada didepan clip hasil trimming.


Penggunaan metode Insert untuk memasukkan clip hasil trimming ke dalam Timeline

5. Kemudian tekan File > Undo untuk membatalkan pilihan Insert.

6. Lalu pada Source Monitor Window klik tombol Overlay.


Tombol Overlay

7. Maka clip hasil trimming akan diletakkan di layer atau track yang tidak berisi clip/track kosong.


Tampilan penggunaan metode Overlay untuk memasukkan clip hasil trimming ke dalam Timeline

Mengatur Tampilan Clip yang ada di dalam Track Video

Tampilan Clip yang ada pada Track Video di dalam Timeline Window dapat diatur sedemikian rupa, terkadang kita membutuhkan tampilan yang kompleks untuk mempermudah kita dalam mencari letak adegan tertentu, tetapi kita juga membutuhkan tampilan yang sederhana untuk meringankan kinerja komputer. Untuk mengatur tampilan clip yang ada di dalam Track Video caranya :

1. klik tombol panah Collapse/Expand Track yang berada pada Track Video 1.


Letak tombol Collapse/Expand Track

2. Maka tampilan Track Video 1 akan menjedi seperti pada gambar di bawah ini.


Tampilan Track Video 1 setelah di expand

3. Kemudian kita dapat memilih style tampilan clip menggunakan tombol Set Display Style yang ada di dalam Track Video 1. Kemudian klik tombol Set Display Style, maka akan tampil popup menu yang berisi 4 pilihan pengaturan yaitu Show Head and Tail, Show Head Only, Show Frames dan Show Name Only.


Tampilan ketika tombol Set Display Style di klik

4. Selanjutnya pilih salah satu dari 4 pilihan yang ada. Tampilan Show Head and Tail akan menampilkan gambar awal dan akhir dari sebuah klip, pilihan Show Head Only akan menampilkan gambar awal saja pada clip, pilihan Show Frames akan menampilkan setiap frame dari sebuah clip, sedangkan pilihan Show Name Only hanya akan menampilkan nama dari clip saja.


Tampilan berbagai display style

Mengatur Tampilan Clip yang ada di dalam Track Audio

Seperti halnya tampilan clip dalam Track Video, tampilan clip di dalam Track Audio juga dapat diatur sedemikian rupa. Jika clip pada Track Video menampilkan gambar tempilan video atau still image, maka clip yang ada dalam Track Audio akan menampilkan bentuk gelombang audio atau waveform. Untuk mengatur display style pada Track Audio caranya :

1. Klik tombol panah Collapse/Expand Track yang ada di dalam Track Audio 1.


Tombol Collapse/Expand Track pada Track Audio

2. Maka tampilan Track Audio 1 akan menjadi seperti pada gambar di bawah ini.


Tampilan Track Audio setelah di expand

3. Kemudian klik tombol Set Display Style, maka akan tampil popup menu yang berisi dua pilihan, yaitu Show Waveform dan Show Name Only. Pilihan Show Waveform akan menampilkan bentuk gelombang audio pada clip, sedangkan pilihan Show Name Only hanya akan menampilkan nama file dari clip tersebut.


Tampilan pop-up menu apabila tombol Set Display Style di klik

4. Klik salah satu pilihan tersebut.


show name only


Tampilan pilihan Show Waveform