Membuat Object Tombol

Posted on 9 November 2011

0


110911_0231_MembuatObje3.png


  1. Diarea kerja flash (di layer 1 frame 1) buat sebuah lingkaran dan diatasnya beri tulisan “play”

  2. Kemudian seleksi object lingkaran dan tulisan tersebut

  3. Selanjutnya klik kanan object lingkaran tersebut dan pilih Convert to symbol

  4. Maka akan muncul sebuah window dimana kita harus memasukkan nama dan memilih behaviors / type symbol.

    Pada bagian name beri nama tbl_lingkaran, dan pada behaviors/type pilih button, kemudian klik OK, maka object sudah berubah menjadi symbol button

  5. Untuk mengedit symbol tombol tersebut, misalnya ketika mouse diatas tombol berubah warna, Klik 2 kali symbol tombol tersebut.
  6. Ada perubahan pada bagian timeline yaitu sebagai berikut:

    Disebelah kanan tulisan Scene 1 ada tulisan tbl_lingkaran, ini maksudnya anda masuk pada area editor symbol tombol.

    Pada layer1 tampilan frame terdapat frame Up, Over, Down, dan Hit

    Up: frametampilan tombol

    Over: frame ketika kursor mouse berada diatasnya,

    Down: frame ketika tombol di klik

    Hit : frame Area tombol

  7. Untuk merubah warna ketika mouse berada diatas object adalah dengan Klik kanan Frame Over, kemudian pilih Insert keyframe.

  8. Kemudian ubah warna menjadi merah
  9. Kemudian klik tulisan scene 1 untuk kembali ke scene utama

  10. Sekarang coba jalankan dengan meilih menu control > test movie
Ditandai: , ,